Let's Chat
  • Moderator Ramani

    Selamat Datang di Ramani, Apa yang dapat kami bantu?

help

HELP #1

information for you

Jika saya memesan paket umrah melalui Ramani, bagaimana cara saya mendapat e-tiket atau voucher hotel saya? Apakah saya mendapat bukti pembelian?
Jawaban

Setelah pembayaran Anda sukses diterima, e-tiket maupun bukti konfirmasi pemesanan paket haji atau umrah Anda akan dikirimkan terlampir langsung ke email Anda. Bukti pembelian juga terdapat di email yang sama.

Apakah saya akan dikenakan biaya untuk berlangganan newsletter Ramani?
Jawaban

Tidak, karena berlangganan newsletter Ramani tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Dengan berlangganan newsletter, Anda akan mendapatkan info promo, info deals terbaik, serta diskon spesial Ramani langsung di email Anda.

Apakah yang dimaksud dengan kupon Ramani?
Jawaban

Kupon Ramani adalah kode yang dapat Anda gunakan saat proses pembayaran. Jika memiliki kupon Ramani, Anda akan mendapat diskon paket umrah.

Bagaimana cara mendapatkan kupon Ramani?
Jawaban

Ramani membagikan kupon eksklusif kepada pelanggan newsletter dan selama masa promo berlangsung. Jangan sampai ketinggalan, segera daftarkan email Anda untuk menerima newsletter di sini.

Mengapa harga tiket di Ramani lebih murah dibanding website lainnya?
Jawaban

Kami tidak henti-hentinya bekerja untuk mendapatkan paket haji/ umrah termurah, juga bernegosiasi dengan pihak travel agent untuk memberikan harga termurah setiap hari. Selain itu, dengan sistem pemesanan yang efisien dan aman, Ramani dapat selalu memberikan harga terbaik untuk Anda.

Berapa biaya transaksi atau booking fee di Ramani?
Jawaban

Ramani TIDAK mengenakan biaya transaksi untuk semua metode pembayaran. Apa yang Anda lihat, itulah yang Anda bayar. Tidak ada biaya tersembunyi.

Apakah ada biaya lainnya di luar Harga Total yang muncul di halaman hasil pencarian?
Jawaban

Tidak. Semua harga yang muncul di halaman hasil pencarian adalah harga final. Harga untuk beberapa paket haji/ umrah sudah termasuk biaya bagasi pesawat, makanan di pesawat dan/atau Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax, tergantung kebijakan travel agent.

Saya melihat harga promo paket haji/ umrah yang ditampilkan di Internet, koran, dan/atau blog Ramani, tapi saya tidak menemukannya di halaman hasil pencarian Ramani. Mengapa hal ini bisa terjadi?
Jawaban

Ini dapat terjadi karena terbatasnya jumlah paket promo. Untuk mendapatkan paket promo, sebaiknya Anda langsung memesan paket promo tersebut saat muncul di hasil pencarian.

Mengapa harga paket haji/ umrah selalu berubah?
Jawaban

Untuk memberikan pengalaman booking maksimal, informasi harga paket haji/ umrah disimpan sementara secara internal. Ketika Anda berpindah ke halaman pembayaran, harga bisa berubah karena menyesuaikan dengan sistem maskapai.

Berapa biaya transaksi atau booking fee di Ramani?
Jawaban

Semua proses refund harus dilakukan melalui Ramani. Keterangan detail mengenai no. telepon maskapai dan prosedur refund dapat Anda lihat di halaman FAQ Refund. Dengan mengajukan refund, pesanan Anda akan otomatis dibatalkan.

Apakah saya akan selalu mendapatkan refund untuk paket haji/ umrah yang saya batalkan?
Jawaban

Anda dapat mengajukan refund lewat menu 'Pesanan Saya' di akun Anda, lalu klik 'Refund' pada pesanan yang ingin Anda batalkan. Harap diingat bahwa beberapa travel agent tidak mengizinkan refund mengingat maskapai yang digunakan seperti AirAsia, Citilink, Firefly, Jetstar, dan Tigerair tidak mengizinkan refund kecuali disebabkan pembatalan sepihak oleh pihak maskapai. Refund tidak berlaku untuk paket promo atau tiket dengan harga terendah. Pastikan Anda sudah membaca dan memahami ketentuan travel agent. Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi Customer Service kami di nomor 0811-812-712.

Bagaimana cara melakukan pengubahan tanggal penerbangan?
Jawaban

Anda dapat mengubah jadwal penerbangan dan seluruh rencana perjalanan Anda dengan mudah dengan menghubungi customer service kami di nomor 0811-812-712.

Saya salah menulis nama saya ketika membeli paket. Bagaimana cara melakukan pengubahan nama?
Jawaban

Pengubahan nama pada tiket mungkin dilakukan hanya untuk beberapa maskapai atau jenis tiket tertentu. Untuk informasi selengkapnya, silakan lihat halaman FAQ Refund.

Apakah saya dapat memesan kasur tambahan?
Jawaban

Ya. Silakan menghubungi travel agent langsung agar pihak travel agent segera mem-follow up ke hotel yang bersangkutan atau memesan kasur tambahan saat check-in. Pembayaran untuk kasur tambahan dilakukan langsung di hotel.

Apakah maksud “non-refundable” atau “free-cancellation”?
Jawaban

“Non-refundable” berarti paket Haji/ Umrah tidak dapat dibatalkan dan bila pemesanan Haji/ Umrah ini dibatalkan, maka hotel tidak akan mengembalikan dana Anda. Anda dapat membatalkan pemesanan secara gratis, jika dilakukan dalam batas waktu yang ditentukan travel agent.

Apa saja yang sudah termasuk dalam harga yang ditampilkan?
Jawaban

Semua fasilitas yang ditampilkan di halaman paket sudah termasuk dalam harga yang ditampilkan. Informasi selengkapnya dapat Anda dilihat di halaman pemesanan, halaman konfirmasi, dan email konfirmasi.

Apakah harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak?
Jawaban

Ya, seluruh harga yang ditampilkan sudah final dan termasuk pajak. Untuk informasi lengkap, silakan klik 'Harga termasuk pajak' yang berada tepat di bawah harga hotel.

Apakah harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak?
Jawaban

Ya, seluruh harga yang ditampilkan sudah final dan termasuk pajak. Untuk informasi lengkap, silakan klik 'Harga termasuk pajak' yang berada tepat di bawah harga hotel.

Apakah harga sudah termasuk sarapan?
Jawaban

Hal ini bervariasi dan tergantung dari travel agent. Ikon sarapan akan muncul apabila harga sudah termasuk sarapan.

Apa maksud dari tampilan jumlah harga yang dicoret?
Jawaban

Jumlah harga yang dicoret adalah harga normal hotel dan menunjukkan bahwa harga yang Anda lihat adalah harga promo.

Apakah Ramani punya diskon khusus member?
Jawaban

Ya. Siapa pun yang menjadi member Ramani dan memiliki akun akan mendapat diskon khusus.

Apakah ada harga khusus untuk tamu anak-anak?
Jawaban

Harga yang muncul di hasil pencarian tidak termasuk harga untuk anak-anak. Silakan menghubungi pihak hotel langsung karena hal ini berbeda-beda tergantung kebijakan hotel.

Bagaimana cara mengajukan permintaan khusus seperti transportasi ke airport, pemandangan menghadap laut atau kasur tambahan?
Jawaban

Anda dapat mengajukan permintaan khusus ini langsung di formulir pemesanan. Setelah formulir dikirim, permintaan Anda akan langsung diproses oleh pihak travel.

Apakah Ramani bekerja sama dengan pihak travel agent?
Jawaban

Ya, Ramani memiliki kerja sama langsung dengan pihak travel agent. Selain itu, Ramani juga bekerja sama dengan pihak ketiga resmi lainnya.

Di mana saya dapat menemukan informasi tentang fasilitas hotel?
Jawaban

Fasilitas hotel ditampilkan di halaman hotel dan tiap tipe kamar. Untuk mendapatkan deskripsi lengkap tentang fasilitas hotel, silakan klik 'Fasilitas hotel' di bagian Info Hotel yang terletak di bawah tombol 'Pesan Sekarang'.

Bagaimana saya bisa meminta kamar boleh merokok jika pilihan yang ada hanyalah kamar dilarang merokok?
Jawaban

Jika tidak ada pilihan kamar boleh merokok, berarti hotel memang tidak mengizinkan merokok di dalam kamar. Silakan menghubungi langsung pihak travel agent untuk memastikan.

Apakah travel agent mengizinkan membawa hewan peliharaan?
Jawaban

Hal ini tergantung pada kebijakan hotel. Informasi terkait hal ini dapat Anda temukan di bagian Deskripsi Hotel di setiap halaman hotel.

Saya sudah memesan paket haji/umrah melalui Ramani. Bagaimana saya melakukan pembayaran?
Jawaban

Silakan melihat Cara Bayar untuk informasi lengkap tentang metode pembayaran. Metode pembayaran yang diterima oleh Ramani tergantung pada mata uang yang Anda pilih. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat bagian Pembayaran di bagian bawah halaman ini.

Bagaimana cara menggunakan kupon Ramani?
Jawaban

  • 1. Di halaman pembayaran, klik 'Gunakan Kupon'. Harga total pembayaran Anda akan otomatis terpotong.
  • 2. Setelah melengkapi pembayaran, klik 'Konfirmasikan Pembayaran Saya'.
  • 3. Anda akan menerima e-tiket/voucher paket haji/umrah setelah pembayaran Anda berhasil dikonfirmasikan.
  • Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi blog Ramani. Mobile App

    Di manakah saya bisa mendapatkan aplikasi mobile Ramani?
    Jawaban

    Aplikasi mobile Ramani dapat di-download di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) secara GRATIS.

    Mengapa saya tidak berhasil download aplikasi mobile Ramani ke perangkat Android saya?
    Jawaban

    Untuk meng-instal aplikasi mobile Ramani di Android, perangkat Anda harus memiliki minimal Android Operating System (OS) 4.O Ice Cream Sandwich. Mohon pastikan juga perangkat Anda terhubung dengan jaringan 3G atau WiFi yang stabil.

    Mengapa saya tidak berhasil download aplikasi mobile Ramani ke iPhone/iPad/iPod saya?
    Jawaban

    Untuk meng-instal aplikasi mobile Ramani di iOS, perangkat Anda harus memiliki minimal iOS 7. Mohon pastikan juga perangkat Anda terhubung dengan jaringan 3G atau WiFi yang stabil.

    Apakah aplikasi mobile Ramani tersedia untuk BlackBerry atau Windows Phone?
    Jawaban

    Untuk saat ini, aplikasi mobile Ramani hanya tersedia untuk Android dan iOS. Untuk operating system lainnya, silakan mengakses Ramani via desktop atau mobile web.

    Apakah asuransi perjalanan sudah termasuk dalam harga yang ditampilkan?
    Jawaban

    Hal ini tergantung pada kebijakan tiap travel agent yang mengadakan paket. Namun, Anda dapat membeli asuransi perjalanan sekaligus saat melakukan pemesanan di Ramani.

    Di manakah saya dapat membeli asuransi perjalanan?
    Jawaban

    Untuk memudahkan Anda, kami menawarkan asuransi perjalanan di formulir pemesanan. Anda dapat langsung menambahkan asuransi perjalanan pada pemesanan Anda dan harga asuransi akan terakumulasi pada harga total pemesanan Anda. Info selengkapnya, silakan kunjungi halaman Asuransi Perjalanan.

    Bagaimana saya tahu apakah pemesanan saya sudah dikonfirmasi?
    Jawaban

    Setelah pembayaran kami terima, Anda akan menerima email konfirmasi yang di dalamnya berisi voucher hotel dan seluruh detail pesanan.

    Saya sudah melakukan pemesanan dan pembayaran dalam waktu yang ditetapkan, tetapi mengapa saya belum menerima email konfirmasi?
    Jawaban

    Mohon cek ulang email Anda, termasuk folder spam/junk. Jika Anda membutuhkan bantuan, silakan hubungi Customer Service kami di 0811-812-712.

    Apakah saya bisa mengubah atau membatalkan pemesanan paket haji/ umrah saya di Ramani?
    Jawaban

    Ya, Anda dapat mengubah atau membatalkan pemesanan Anda melalui menu 'Pemesanan Saya' di akun Anda, lalu klik 'Refund' pada pemesanan yang ingin Anda batalkan atau ubah. Pastikan juga Anda telah membaca dan mengerti kebijakan travel agent. Beberapa travel agent tidak dapat dibatalkan pemesanannya, sementara beberapa travel agent lainnya dapat dibatalkan dengan dikenakan biaya pembatalan. Jika Anda membutuhkan bantuan, silakan hubungi Customer Service kami di 0811-812-712.

    Apakah saya akan dikenakan biaya pembatalan jika membatalkan pemesanan?
    Jawaban

    Setiap kamar memiliki kebijakan pembatalan yang berbeda. Silakan lihat kebijakan pembatalan hotel di email konfirmasi Anda.

    Di mana saya dapat melihat kebijakan pembatalan paket haji/ umrah?
    Jawaban

    Kebijakan pembatalan paket haji/ umrah dapat dilihat di halaman pemesanan paket haji/ umrah. Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda dapat melihat kebijakan pembatalan hotel di email konfirmasi Anda.

    Bagaimana saya tahu jika pemesanan kamar saya sudah dibatalkan?
    Jawaban

    Anda akan menerima email informasi pembatalan. Pastikan untuk mengecek email Anda, termasuk folder junk/spam atau silakan hubungi kami.

    Bagaimana cara membayar paket haji/ umrah yang saya pesan melalui Ramani?
    Jawaban

    Silakan kunjungi halaman Cara Bayar untuk informasi lengkap mengenai pembayaran. Informasi lengkap mengenai metode pembayaran yang diterima oleh Ramani tergantung pada mata uang yang Anda pilih saat pemesanan.

    Apakah saat di hotel saya dapat membayar biaya tambahan (misalnya kasur tambahan) dengan kartu kredit yang berbeda dengan yang saya gunakan pada saat pemesanan?
    Jawaban

    Ya, saat di hotel Anda dapat membayar biaya tambahan dengan kartu kredit yang berbeda dengan yang Anda gunakan pada saat pemesanan.

    Mengapa transaksi kartu kredit saya tidak berhasil?
    Jawaban

    Terkadang kami membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses pembayaran Anda. Jika transaksi pertama Anda tidak berhasil, mohon refresh halaman Anda dan coba kembali melakukan pembayaran. Jika Anda membutuhkan bantuan, silakan hubungi Customer Service kami di 0811-812-712.

    Mengapa saya harus memasukkan one-time password (OTP) pada saat pembayaran padahal sebelumnya ini tidak pernah terjadi?
    Jawaban

    Terkadang bank penerbit kartu kredit Anda perlu melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik kartu kredit. Yakinlah bahwa hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan pembayaran Anda.

    Bagaimanakah saya akan menerima one-time password (OTP) untuk menyelesaikan pembayaran saya?
    Jawaban

    One-time password (OTP) akan dikirim melalui SMS oleh bank penerbit kartu kredit Anda. Setelah Anda mendapat OTP melalui SMS, segera masukkan password tersebut agar transaksi Anda berjalan dengan lancar.

    Metode pembayaran apa sajakah yang diterima untuk transaksi dengan rupiah?
    Jawaban

    Untuk transaksi dengan rupiah, Ramani menerima pembayaran melalui Transfer (ATM/SMS Banking/e-Banking/bank teller), ATM (seluruh ATM dengan logo ATM Bersama, Prima, dan Alto), Kartu Kredit (Visa/Mastercard), Internet Banking (BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, dan CIMB Clicks), dan Indomaret. Untuk metode pembayaran Transfer, pastikan Anda hanya melakukan transfer ke rekening beratasnamakan PT Ayo Media Grup dan bukan rekening atas nama pribadi. Hati-hati terhadap penipuan.

    Jika saya memilih Transfer, berapa lama waktu yang saya miliki untuk menyelesaikan pembayaran?
    Jawaban

    Batas waktu transfer tergantung pada jenis maskapai dan waktu pemesanan. Batas terlama adalah 3 (tiga) jam. Sementara itu, jika Anda memesan sehari sebelum keberangkatan, batas waktu transfer akan semakin singkat.

    Apakah perbedaan antara metode pembayaran Transfer dan ATM?
    Jawaban

    Metode Transfer tersedia pada jam 02:00 - 20:00 WIB, sementara metode ATM tersedia selama 24 jam. Jika Anda memilih ATM, pastikan Anda melakukan transfer melalui ATM berlogo ATM Bersama, Prima, dan Alto. Jika Anda memilih Transfer (termasuk Internet/SMS/mobile banking atau setoran bank), pastikan Anda hanya mentransfer ke rekening BCA, BRI, BNI, atau Bank Mandiri atas nama PT Ayo Media Grup.

    Saya tidak memiliki kartu ATM BCA, BNI, BRI, atau Mandiri. Bagaimana saya melakukan pembayaran?
    Jawaban

    Jika Anda tidak memiliki kartu ATM tersebut, Anda dapat melakukan transfer melalui ATM dalam jaringan ATM Bersama, Prima, dan Alto. Anda juga dapat memilih membayar dengan uang tunai di Indomaret. Cukup pilih metode pembayaran Indomaret saat Anda melakukan pemesanan.

    Bagaimana cara membayar pemesanan melalui Indomaret?
    Jawaban

    Ikuti langkah berikut untuk melakukan pembayaran lewat Indomaret:

  • 1. Catat kode pembayaran Anda.
  • 2. Kunjungi gerai Indomaret terdekat.
  • 3. Tunjukkan kode pembayaran (bukan No. Pesanan) kepada kasir Indomaret. Pembayaran melalui Indomaret akan dikenakan biaya tambahan Rp5.000 yang belum termasuk pada harga total.
  • 4. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima bukti pembayaran dari Indomaret.
  • 5. Konfirmasi pembayaran, e-tiket/voucher paket haji/ umrah akan dikirim ke email Anda.
  • Help #2

    The most common help

    Dapatkah Anda memberi tahu saya lebih lanjut tentang Ramani?
    Jawaban

    Ramani adalah salah satu situs pencarian paket umrah terkemuka di dunia. Kami selalu bekerja keras untuk memberikan harga paket umrah termurah dan terpercaya kepada customer setiap hari!

    Bagaimana cara memesan paket umrah lewat Ramani? Apakah saya bisa membeli langsung di kantor Ramani? Di mana kantor cabang Ramani di kota saya?
    Jawaban

    Memesan paket umrah online dengan Ramani sangat mudah. Cukup ikuti 6 langkah berikut:

    • 1. Cari nama maskapai/ nama agen/ kota agen/ nama paket pada kotak pencarian.
    • 2. Pilih detail minggu dan bulan serta combo box bintang hotel.
    • 3. Pilih durasi perjalanan Anda mulai dari 7 hingga 18 hari, serta check list paket plus jika Anda ingin ditampilkan paket plus pada hasil pencarian dan kemudian klik tombol “Temukan Sekarang”
    • 4. Setelah memilih paket umrah Anda, pastikan Anda benar-benar telah mempelajarinya, lalu Isi data kontak dan data penumpang/tamu, kemudian
    • 5. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan dan lakukan pembayaran.
    • 6. Anda akan menerima e-tiket/voucher paket setelah pembayaran Anda berhasil dikonfirmasikan. Untuk petunjuk lengkap, silakan lihat Cara Pesan. Ramani tidak melayani transaksi via telepon maupun transaksi melalui kantor cabang.
    Bagaimana cara menghubungi Ramani?
    Jawaban

    Customer Service kami siap melayani Anda selama 24 jam nonstop melalui email haji@ramani.co.id, melalui telepon ke (021) 829-8383, melalui Live Chat via desktop, melalui media sosial kami: Facebook dan Twitter. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat Contact Us.